Sabtu, 04 Januari 2020

Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia.

Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Ayo Membaca
Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda

Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!
Benda PadatBenda CairBenda Gas
  1. Panci
  2. Kompor
  3. Sendok
  1. Air
  2. Minyak Goreng
  3. Cuka
Uap Air

Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Benda dikelompokkan ke dalam tiga wujud. Tuliskan ketiga wujud benda tersebut! Benda padat, cair, dan gas.
  2. Tuliskan dua contoh benda padat di sekitarmu! Meja dan Kursi.
  3. Tuliskan dua contoh benda cair di sekitarmu! Air dan Sirop
  4. Tuliskan dua contoh benda gas di sekitarmu! Uap Air dan Elpiji

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
1km = 1.000 m

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.

Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

Ayo Berlatih
Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di bawah ini!
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Tentukan jarak dalam satuan m!
  1. Rumah Siti ke sekolah = 5 km 100 m = 5.000 m + 100 m = 5.100 m
  2. Rumah Udin ke kantor pos = 2 km 850 m = 2.000 m + 850 m = 2.850 m
  3. Rumah Siti ke rumah Udin = 6 km 350 m = 6.000 m + 350 m = 6.350 m
  4. Rumah Siti ke pasar = 6 km .50 m = 6.000 m + 50 m = 6.050 m
  5. Rumah Udin ke pasar = 10 km 0 m = 10.000 m + 0 m = 10.000 m.

Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.

Perhatikan gambar berikut!
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berapa ketinggian pesawat A dalam satuan km? 3.000 m = 3 km
  2. Berapa ketinggian pesawat B dalam satuan km?4.325 m =  4 km 325 m
  3. Berapa perbedaan ketinggian pesawat B dibandingkan pesawat A? 4.325 m - 3.000 m = 1.325 m

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin puting beliung, dan lain-lain. Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!

Perhatikan gambar berikut! Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan. Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri dan ke kanan. Jika angin puting beliung, bergeraklah berputar.
Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.

Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka. Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!